Kamis, 23 Mei 2013

web browser

Pengertian Web Browser Dan Macam-macam Web Browser



Pengertian Browser

Dalam ber-internet kita pasti tak lepas dari software yang namanya browser.
Browser merupakan suatu program yang digunakan untuk berselancar mengarungi dunia maya internet, membuka website, nge blog, mengelola Facebook , friendster, Twitter dan sebagainya. Pada operasi system microsoft windows secara default otomatis tersedia program browser yaitu internet explorer. Sebenarnya selain Internet Explorer terdapat bermacam macam program browser Aternatif pengganti program browser microsoft tersebut.






Nama-nama Aplikasi Browser Untuk Komputer

1.      Flock

Browser ini sebenarnya adalah salah satu varian atau hasil modifikasi dari browser firefox, namun di dalam nya kaya akan addon dan plugins yang berguna, salah satu julukannya adalah social network browser, karena banyak failitas addon dan plugins yang bisa kita gunakan dan membantu kita dalam mengelola account social network seperti Facebook , Twitter, Flicker dan Youtube.
Flock menghadirkan webmail, foto, video dan update dari situs-situs favorit Anda, sehingga Anda tidak perlu mengeceknya satu persatu.

·          Keep In Touch, berhubung dengan teman dan segala aktivitas mereka, memastikan agar tidak ketinggalan berita.
·          It’s Cool To Share, memungkinkan fungsi drag and drop sehingga dapat berbagi secara mudah dengan teman-teman.
·          Make the News: Publish Yourself , mempermudah blogging dan upload foto ke layanan-layanan populer dengan mudah. Cukup login ke layanan favorit dan akan dapat terhubung secara instant dari mana pun.
·          Easy Access,  menghubungkan secara otomatis dengan lebih dari 20 layanan online. Cukup login, Flock melakukan sisanya.
·          Stay Informed and Be Heard,  memberikan fitur-fitur yang tidak bisa ditemukan di browser lainnya, entah membuat berita atau membaca berita.
2.      Mozila Firefox

            Browser ini adalah browser paling populer diantara netter karena dikenal kecepatan dalam akses website, tersedia banyak addon dan plugins , dan mudah dalam tweakingnya sehingga browser mozila firefox ini bisa makin kencang.
·          Mudah melakukan bookmarking (menandai website) cukup dengan satu kali klik.
·          Add-On. Fasilitas untuk berbagai jenis keperluan konfigurasi firefox, misalkan kita ingin merubah skin standar dengan skin baru yang lebih bervariasi, anda bisa menggunakan fasilitas ini.
·          Keamanan yang mumpuni. Kita tidak perlu lagi khawatir soal keamanan. Karena semua fasilitas keamanan online yang di butuhkan sudah lengkap tersedia di browser ini. Kecepatan akses (di atas rata-rata)

3.      Internet Explorer
·          Web Slices. Mengetahui informsai terbaru dari situs yang sering disingahi tanpa harus mengunjunginya.
·          Private Browsing. Mencegah browser menyimpan history dari aktivitas berinternet yang dilakukan.
·          Keamanan juga tidak perlu di khawatirkan.
·          Kecepatan akses (IE versi 8) jelas lebih cepat dari versi sebelumnya.

Internet Explorer 8 merupakan versi terakhir dari browser web serupa yang paling nyaman dipakai, membantu Anda mendapatkan apa pun dari web secara lebih cepat, lebih mudah, dan lebih aman daripada sebelumnya.
  • Lebih Cepat Internet Explorer 8 lebih responsif ke halaman dan tab baru, membuka lebih cepat dan lebih dapat diandalkan. Anda kini bisa mendapatkan informasi yang paling Anda inginkan secara lebih singkat; akses webmail, situs berita favorit, atau layanan online lainnya hanya dengan satu klik.
  • Lebih Mudah Mengurangi jumlah langkah untuk menyelesaikan banyak tugas umum, dan mengotomatiskan akses ke pembaruan informasi waktu-nyata. Anda dapat tetap mengikuti jejak tim olahraga favorit, berita, cuaca hanya dengan satu klik.
  • Lebih Pribadi Membantu melindungi informasi pribadi dan rahasia Anda, di mana pun Anda pergi di web.
  • Lebih Aman Membantu melindungi dan menghentikan perangkat lunak berbahaya menyerang PC, dan membuatnya lebih mudah mendeteksi kepalsuan sebuah website.

4.      Opera

Opera adalah salah satu dari browser yang paling populer. Browser ini juga menjadi browser resmi dari Nitendo WS dan Wii.
·         Sistem Navigasi Suara. Fasilitas ini selain memberi perintah lewat suara, kita juga bisa meminta browser ini untuk membacakan isi sebuah situs web, jadi kita cuman dengerin dia ngomong belepotan hehehe....
·         Dapat menampilkan situs web dalam satu jendela/layer.
·         Soal keamanan jangan ragu dengan aplikasi ini.
·         Kecepatan akses boleh disamakan dengan Mozilla Firefox
5.      Google Chrome
Program browser ini adalah Software browser buatan google, meski baru dikeluarkan browser ini sudah mampu menarik penggunan untuk menggunakan browser google chrome ini.
Google Chrome adalah browser yang menggabungkan desain minimal dengan teknologi canggih agar Web dapat diakses dengan lebih cepat, aman, dan mudah.
 Desainnya sangat sederhana jadi kalau menggunakan aplikasi browser ini rasanya begitu lega/plong, karena aplikasi yang di sediakan Google Chrome hanya berupa ikon dan itupun tidak menggangu pemandangan di layar.
·          Address Bar-nya menarik, karena setiap kita mengetikkan teks di kotak alamat, maka Google Chrome akan memberikan saran pencarian.
·          Fasilitas Shortcut. Dengan fasilitas ini kita bisa melihat situs-situs web yang sebelumnya telah ksita kunjungi dalam bentuk thumbnail situs.
·          Soal keamanan, Google Chrome lebih jitu. Bahkan ketika kita akan berkunjung pada situs yang berlimpah virus, Google Chrome terlebih dulu memperingatkan bahwa di situs tersebut terdapat virus.
·          Kecepatan akses boleh dibilang sangat mumpuni, bisa langsung di sejajarkan dengan Mozilla Firefox, Opera, Safari, dan Internet Explorer. Karena itu pula saya memberi tema pada artikel ini: “Pertempuran Seru 6 Apliksi Browser”. Sekarang anda dapat menentukan pilihan yang mana kira-kira terbaik untuk anda miliki.

6.      Safari



              Safari adalah aplikasi browser dari Apple Inc. Awalnya aplikasi ini hanya dapat digunakan pada Mac OS X saja. Namun pada pertengahan tahun 2007 Apple meluncurkan aplikasi browser Safari untuk sistem operasi Windows. Aplikasi Safari berbeda dengan aplikasi browser lainnya, karena menitik beratkan pada kemudahan dan kenyamanan penggunanya. Pada safari kita akan temui tampilan yang jauh berbeda, dimana elemen desain yang sangat canggih sehingga membuat browsing kita lebih menyenangkan.
·          SnapBack. Fasilitas ini berfungsi untuk kembali ke titik awal aktivitas browsing setelah berkunjung ke banyak tempat (situs website).
·          Progress Bar. Dengan fasilitas ini kita bisa tahu seberapa cepat halaman website tampil di layar.
·          Untuk keamanan, fasilitasnya masih standar.
·          Untuk kecepatan akses, boleh dibilang Safari adalah jagoannya. Karena Safari memang dirancang sebagai browser yang ringan dan cepat.
7.      Netscape Communications
Netscape Communications ( sebelumnya dikenal sebagai Netscape Communications Corporation dan umumnya dikenal sebagai Netscape) adalah sebuah perusahaan jasa komputer Amerika Serikat yang terbaik dikenal dengan web browser. Ketika perusahaan independen, kantor pusatnya berada di Mountain View, California.[1]
Penjelajah web Netscape pernah mendominasi dari penjelajah web lain dalam hal penggunaan saham, namun tak lama sebagian sahamnya berpindah ke Internet Explorer selama perang penjelajah web. Pada akhir tahun 2006, pangsa penggunaan browser Netscape jatuh, dari lebih dari 90% pada pertengahan tahun 1990-an, menjadi kurang dari 1%. Netscape mengembangkan Secure Sockets Layer Protocol (SSL) untuk mengamankan komunikasi online, yang masih banyak digunakan,[2] as well as JavaScript, bahasa yang paling banyak digunakan untuk memprogram sisi klien halaman web.
Netscape merupakan salah satu program browser yang digunakan untuk menjelajah dunia internet. versi pertama dari netape dibuat pertama kali dengan nama Mosaic oleh National Center of Supercomputing Application di Urbana Champaign.



apa sih web browser itu?

itulah kata kata yang akan dikatakan oleh orang yang belum tau
sebenarnya web browser atau kalau disebut dalam bahasa Indonesia yaitu peramban web

fungsinya adalah menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen yang ada pada server web,
dengan kata lain web browser itu untuk berselancar didalam web atau yang disebut Internet.


sekarang web browser itu bermacam macam ada yang cepat dan yang mementingkan keamanan
semua macam web browser bisa anda jumpai pada postinganku yang satunya yaitu
macam macam web browser








sejarah web browser

web browser yang pertama di dunia itu adalah worldswideweb berbasis teks, memang sistem berbasis grafisbelum digunakan pada saat itu.
baru setelah sistem grafis banyak digunakan.
seorang mahasiswa bernama Marc Anderssen dari universitas di Amerika, membuat sebuah web browser
berbasis grafis yang pertama, yang dinamakan mosaic

setelah kejadian itu Marc ditawari Jim clarc untuk membuat perusahaan bernama Mosaic comunication, 
Marc membuat Web browser pertama yang dapat digunakan oleh umum yang disebuat Netscape navigator
pada saat pengembangannya netscape memilki kode mozilla, navigator merupakan web browser komersial,
dan seiring dengan berjalannya waktu navigator dapat dimiliki secara gratis.sementara ituWeb mosaic tidak pengembanganya tidak diteruskan lagi dan diserahkan kepada 
NCSA ( National Kompur Komputing For Supercomputer Aplication). karena NCSA tidak memiliki ijin 
maka pada akhirnya NCSA menjual mosaic kepada Spyglass, yang akhirnya membuat mosaic menjadi 
web browser komersial

dilain pihak microsoft yang tertinggal dalam pengeluaran Web browser, membeli license mosaic dari spyglass
dan akhirnya microsoft merilis web browsernya yaitu Internet explorer,
dengan dirilisnya Internet explorer terjadi perang besar antara netscape dengan Internet explorer




fitur web dan web browser


Peramban web bisa dibedakan lewat fitur-fitur yang mereka dukung. Peramban modern dan halaman web biasanya menggunakan banyak fitur dan teknik yang tidak ada pada masa-masa awal web. Disebabkan adanya perang peramban web, fitur-fitur Web dan perambanh web semakin cepat dikembangkan.
Berikut daftar beberapa elemen dan fitur-fitur tersebut:
  • ActiveX
  • Autocompletion (Pengisian otomatis) URL dan formulir data
  • Markah buku untuk mengikuti lokasi yang sering diakses
  • Cascading Style Sheets (CSS)
  • Kuki yang membolehkan sebuah website untuk mengetahui seorang pengguna lama
  • Tembolok web - Halaman web "disimpan" dalam memori ketika kita membukanya agar dapat diakses lagi walaupun sedang offline
  • Digital certificate (Sertifikat Digital)
  • Pemuatan gambar menggunakan format gambar yang sudah terkenal seperti GIF, PNG, JPEG, SVG
  • Flash
  • Favicon
  • Font, ukuran, warna
  • Formulir untuk mengirimkan informasi
  • Frame dan IFrames
  • Gambar
  • Integrasi dengan aplikasi desktop lainnya
  • Offline browsing (perambanan luring) terhadap isi web yang sudah ditembolok terlebih dahulu
  • Java applet
  • JavaScript untuk isi yang lebih dinamis
  • Pengaturan pengunduhan
  • Penyaringan iklan (Ad filtering)
  • Plug-in
  • Sejarah kunjungan ke halaman-halaman web terakhir
  • Session management
  • Tabbed browsing
  • Tabel
  • XHTML dan XML
  • DHTML
  • HTTPS
"Small-Screen Rendering" ("penampilan pada Layar-Kecil") dari Opera adalah suatu cara memformat ulang halaman web agar dapat masuk ke dalam layar yang kecil, misalnya dalam sebuah ponsel, sekaligus operasi gulung (scroll) horisontal tidak diperlukan lagi.
 http://icuk-sugiarto.blogspot.com/2012/09/pengertian-web-browser-dan-macam-macam.html

http://moesleim.blogspot.com/2012/04/web-browser-dan-sejarahnya.html

0 komentar:

Posting Komentar