Media
Online adalah sebutan umum untuk sebuah bentuk media yang berbasis
telekomunikasi dan multimedia (baca-komputer dan internet). Didalamnya
terdapat portal, website (situs web), radio-online, TV-online, pers
online, mail-online, dll, dengan karakteristik masing-masing.
Media online berupa situs berita bisa diklasifikasikan menjadi lima kategori:
- situs berita berupa "edisi online" dari media cetak surat kabar atau majalah.
- situs berita berupa "edisi online" media penyiaran radio.
- situs berita online" murni yang tidak terkait dengan media cetak atau elektronik.
- situs "indeks berita" yang hanya memuat link-link berita dari situs berita lain.
Dari sisi pemilik atau publisher, jenis-jenis website dapat digolongkan menjadi enam jenis:
- News organisation website: situs lembaga pers atau penyiaran
- Commercial organization website: situs lembaga bisnis atau perusahaan
- Website pemerintahan
- Website kelompok kepentingan (interest group)
- Personal website (blog)
Kredibilitas media online
Media
online diragukan dari sisi kredibilitas mengingat orang yang tidak
memiliki keterampilan menulis (jurnalistik) yang memadai pun isa
mempublikasikan informasinya. Kredibilitas tinggi umumnya dimiliki media
online yang dikelola oleh lembaga pers yang juga menerbitkan edisi
cetak atau elektronik.
Pesatnya pertumbuhan internet di Indonesia
memiliki dampak yang signifikan terhadap pengguna media. Indonesia
mendapat rangking ketiga seasia tenggara sebagai pengguna internet
terbanyak setelah China dan India. Prospek ini mempengaruhi maraknya
pertumbuhan media online. Bahkan menurut data penelitian AJI sendiri
media online sendiri naik 26 % menjadi 30 % dibandingkan tahun lalu,
setelahnya baru media televisi, cetak dan radio menjadi topik diskusi
menarik.
M.Romli, Asep Syamsul. 2012. Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung. Penerbit Nuansa Cendekia.
Sabtu, 25 Mei 2013
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar