- Kecepatan (aktualitas) informasi
Kejadian atau peristiwa yang terjadi di lapangan dapat langsung di upload ke dalam situs web media online ini,
tanpa harus menunggu hitungan menit, jam atau hari, seperti yang
terjadi pada media elektronik atau media cetak. Dengan demikian
mempercepat distribusi informasi ke pasar (pengakses), dengan jangkauan
global lewat jaringan internet, dan dalam waktu bersamaan .dan umumnya
informasi yang ada tertuang dalam bentuk data dan fakta bukan cerita.
- Adanya pembaruan (updating) informasi
Informasi disampaikan secara terus menerus, karena adanya pembaruan (updating)informasi. Penyajian yang bersifat realtime ini menyebabkan tidak adanya waktu yang diiistemewakan (prime time) karena penyediaan informasi berlangsung tanpa putus, hanya tergantung kapan pengguna mau mengaksesnya.
- Interaktivitas
Salah satu keunggulan media online ini
yang paling membedakan dirinya dengan media lain adalah fungsi
interaktif. Model komunikasi yang digunakan media konvensional biasanya
bersifat searah (linear) dan bertolak dari kecenderungan sepihak dari
atas (top-down).
- Personalisasi
Pembaca
atau pengguna semakin otonom dalam menentukan informasi mana yang ia
butuhkan. Media online memberikan peluang kepada setiap pembaca hanya
mengambil informasi yang relevan bagi dirinya, dan menghapus informasi
yang tidak ia butuhkan. Jadi selektivitas informasi dan sensor berada di
tangan pengguna (self control).
- Kapasitas muatan dapat diperbesar
Informasi
yang termuat bisa dikatakan tanpa batas karena didukung media
penyimpanan data yang ada di server komputer dan sistem global.
Informasi yang pernah disediakan akan tetap tersimpan, dan dapat
ditambah kapan saja, dan pembaca dapat mencarinya dengan mesin
pencari (search engine).
- Terhubung dengan pengguna lain (hyperlink)
Setiap
data dan informasi yang disajikan dapat dihubungkan dengan sumber lain
yang juga berkaitan dengan informasi tersebut, atau disambungkan ke bank data yang dimiliki media tersebut atau dari sumber-sumber luar. Karakter hyperlink ini juga membuat para pengakses bisa berhubungan dengan pengakses lainnya ketika masuk ke sebuah situs media online dan menggunakan fasilitas yang sama dalam media tersebut, misalnya dalamchatroom, lewat e-mail atau games.
Perbedaan Karakteristik Media Online Dengan Media Mainstream
Media online, termasuk salah satu
agen informasi yang banyak dicari oleh khalayak pada saat ini. Karakteristik
yang dimiliki oleh media ini membius para khalayak yang haus akan informasi.
1.
Karakteristik
yang paling populer yang dimiliki oleh media online adalah sifatnya yang real
time. Dalam artian, berita, kisah-kisah, peristiwa-peristiwa, bisa langsung
dipublikasikan pada saat kejadian sedang berlangsung.
2.
Karakter
lainnya yang membuat media online menjadi begitu banyak diasumsi adalah
sifatnya yang interaktif. Dengan memanfaatkan hyperlink yang terdapat pada web,
karya-karya jurnalisme online dapat menyajikan informasi yang terhubung dengan
sumber-sumber lain. Dalam hal ini berarti, pengguna/pembaca dapat menikmati
informasi secara efisien dan efektif namun tetap terjaga dan didorong untuk
mendapatkan pendalaman dan titik pandang yang lebih luas bahkan berbeda.
Interaktifitas juga dapat dilihat dari adanya pemberian feed back / umpan balik
dari pembaca yang membaca sebuah berita melalui kolom komentar yang disajikan
di bawah berita yang dtampilkan. Sehingga para pembaca dapat memberikan kritik
dan sarannya serta bertukar pikiran dengan pembaca yang lainnya.
3.
Selain
itu juga, menyertakan unsur-unsur multimedia adalah termasuk karakteristik lain
dari media online yang tidak kalah penting, sehingga mampu menyajikan bentuk
dan isi publikasi yang lebih kaya di dalam sebuah web. Seperti dalam
terminology internet, ada istilah hoax. Jika suatu berita tidak disertai dengan
multimedia baik berupa gambar atau video bisa jadi berita tersebut diragukan
kepercayaanya.
Sedangkan karakteristik yang dimiliki
oleh media mainstream
1.
Media
Mainstream terpusat pada suatu hal, mengawasi secara ketat, membakukan norma
dan nilai yang lama, mengarahkan perilaku seseorang untuk menciptakan dukungan
kepada pusat kekuasaan. adapun isi pesan yang disampaikan sangatlah selektif
dan saling berkaitan.
2.
Produksi
yang dihasilkan itu berupa produksi yang kreatif,distandarisasi,rutin dan
terkontrol. Hubungan yang dimiliki oleh pemberi pesan dengan penerima pesan
memiliki hubungan yang dominan, manipulatif, dan asimetrik.
3.
Jangkauan
yang dimiliki oleh media mainstream ini terbilang luas dan penyebaran
informasinya berbentuk vertikal dan searah (monolog), sehingga peran masyarakat
didalamnya tidak termasuk kelompok yang partisipan akan tetapi termasuk
kelompok sasaran. Adapun contoh dari media mainstream ini adalah televisi,
radio, koran, majalah, dan lain sebagainya.
http://ashifahabibah22.blogspot.com/2013/04/media-online_8.html
http://phantera-jurnalistik.blogspot.com/2012/05/perbedaan-karakteristik-media-online.html
0 komentar:
Posting Komentar