Jumat, 24 Mei 2013

jenis jenis media sosial

Sosial media adalah suatu media untuk interaksi sosial, sebagai superset melampaui komunikasi sosial. Yang dimana diaktifkan dengan teknik komunikasi ubiquitously diakses dan terukur, media sosial secara substansial mengubah cara komunikasi antara organisasi, masyarakat, serta individu. Adapun jenis-jenis dari media sosial, sebagai berikut :
  1. Collaborative projects kolaborasi proyek merupakan suatu media sosial yang dapat membuat konten dan dalam pembuatannya dapat diakses oleh khalayak secara global. Ada dua subkategori yang termasuk kedalam collaborative project dalam media sosial yakni Wiki adalah situs yang memungkinkan penggunanya untuk menambahkan, menghapus, dan mengubah konten berbasis teks. Wiki yang paling populer di Internet sekarang adalah Wikipedia, tetapi wiki yang digunakan lebih banyak dan lebih banyak untuk tujuan tertentu, sedangkan subkategori lainnya adalah aplikasi bookmark sosial, yang dimana memungkinkan adanya pengumpulan berbasis kelompok dan rating dari link internet atau konten media. Reddit merupakan sebuah situs di mana link dan posting dinilai oleh penggunanya sebagai contoh utama dari aspek media sosial collaborative project. Dalam kenyataannya, banyak orang-orang yang percaya terhadap apa yang telah di posting di media sosial collaborative project misalnya pada wikipedia yang dimana pada situs tersebut apa yang telah diposting dapat dirubah oleh orang lain.
  2. Blogs and microblogs atau  blog dan mikroblog merupakan aplikasi yang dapat membantu penggunanya untuk tetap posting mengenai pernyataan apapun sampai seseorang mengerti. Blog sendiri ialah sebuah website yang menyampaikan mengenai penulis atau kelompok penulis baik itu sebuah opini, pengalaman, atau kegiatan sehari-hari. Sebuah blog dapat berisikan teks, gambar, dan bahkan video. Media sosial blogs and microblos ini seperti Twitter, yang dimana menjadi contoh media sosial yang sempurna dan banyak yang mempergunakannya. Apabila melihat kenyataannya, blogs and microblogs kebanyakan digunakan oleh perusahaan dalam memasarkan sebuah produk atau para selebritis yang selalu update mengenai kegiatannya agar para fansnya dapat mengetahui hal-hal yang baru.
  3. Content communities atau konten masyarakat merupakan sebuah aplikasi yang bertujuan untuk saling berbagi dengan seseorang baik itu secara jarak jauh maupun dekat yang dimana dalam content communities ini penggunanya dapat berbagi foto, video dengan orang yang dituju. Content communities ini seperti Youtube yang dapat berbagi tentang video, Flickr dan Imgur yang dapat berbagi foto, dan bahkan slide Power Point dapat dibagiakan  di situs seperti Slideshare. Dalam kenyataannya, content communites ini digunakan oleh berbagai elemen masyarakat, perusahaan, oraganisasi, maupun orang-orang yang populer agar dapat berbagi mengenai apa yang dimiliki.
  4. Social networking sites atau situ jejaring sosial yang dimana merupakan situs yang dapat membantu seseorang untuk membuat sebuah profil dan kemudian dapat menghubungkan dengan pengguna lainnya. Situs jejaring sosial adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk terhubung menggunakan profil pribadi atau akun pribadinya. Dalam profil pribadinya mencakup semua jenis informasi termasuk foto, video, file audio, dan blog. Situs jejaring sosial ini umumnya memiliki fitur seperti instant messaging dan email. Situs jejaringan sosial dapat membantu seseorang untuk melakukan apa yang mereka inginkan.
  5. Virtual game worlds atau permainan dunia virtual merupakan permainan multiplayer, yang dimana ratusan pemain secara simultan dapat didukung. Permainan dunia virtual adalah lingkungan tiga dimensi dimana pengguna dapat berinteraksi menggunakan avatar pribadinya. Permainan dunia virtual ini umumnya memiliki seperangkat aturan yang ketat dan harus diikuti dalam konteks Massively Multiplayer Online Role Playing Games (MMORPG). Permainan yang paling populer dalam kategori ini termasuk World of Warcraft dan EverQuest.
  6. Virtual social worlds merupakan aplikasi yang mensimulasikan kehidupan nyata melalui internet. Virtual social worlds adalah situs yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dalam platform tiga dimensi dengan menggunakan avatar yang mirip dengan kehidupan nyata. Karena komunitas-komunitas ini seperti realitas virtual, suatu perusahaan dapat menggunakan taktik pemasaran yang serupa misalnya menggunakan uang sebagai alat untuk menjalankan aplikasi ini agar dapat bertahan hidup. Apabila kita memanfaatkannya dengan baik, maka aplikasi seprti ini dapat menjadi sumber penghasilan.
Facebook adalah social media dengan jenis jejaring sosial yang sangat populer. Dalam waktu 8 tahun Facebook cepat dikenal orang dan memiliki lebih dari 800 juta pengguna dan menempati posisi 2 di Alexa Rank setelah Google. Popularitas facebook masih belum tertandingi oleh social media lainnya. Social media membawa manfaat namun juga kerugian bagi penggunanya apabila tidak digunakan secara bijaksana. Berikut ini 10 daftar social media populer selain facebook.




10. Google+
Google+ , diucapkan dengan Google Plus adalah situs sosial media berjenis situs jejaring sosial yang dioperasikan oleh Google Inc. Meskipun Google+ baru diluncurkan pada 28 Juni 2011 atau baru enam bulan yang lalu namun telah memiliki 90 juta pengguna. Google+ terbuka untuk semua orang dengan usia diatas 18 tahun, tersedia lebih dari 40 bahasa, memiliki tiga fitur utama yaitu; circles, hangouts dan mobile.



9. Friendster

Friendster dianggap situs yang pertama kali sukses membawa budaya social networking, 10 tahun yang lalu Friendster sangat populer dengan pengguna sebanyak 90 juta orang. Friendster didirikan tahun 2002. Bermarkas di Malaysia, itulah mengapa Friendster sangat populer di Asia Tenggara, sekitar 90%, tetapi tidak di dunia barat. Friendster berada di peringkat 979 Alexa Rank. Friendster awalnya adalah situs jejaring sosial namun di tahun 2011 berubah platform menjadi game sosial.



8. Orkut
Orkut adalah situs jaringan sosial yang sangat populer di India (27 %) dan Brazil (59%), bahkan pihak Google berniat membuka kantor operasionalnya di Brazil, namun niat itu diurungkan karena terganjal masalah hukum. Orkut diluncurkan Google pada 24 Januari 2004 dan menempati rangking 106 Alexa Rank. Orkut memiliki 66 juta pengguna di seluruh dunia. Orkut menawarkan fitur yang menarik yaitu video dan Gtalk, dimana pengguna dapat menambahkan video ke profil mereka dan dapat menggunakan Gtalk untuk sarana berkomunikasi dan chatting.





7. Koprol
Ini dia situs pertemanan asli buatan orang Indonesia, Koprol. Ya, koprol didirikan dan dikembangkan oleh orang-orang Indonesia, yaitu Satya Witoelar, Fajar Budiprasetyo, Daniel Armanto yang juga selaku Chief Executive Officer. Kini koprol diakuisisi oleh Yahoo, sehingga namanya menjadi Yahoo! Koprol. Koprol merupakan jejaring sosial bedasarkan lokasi kota-kota di Indonesia. Ada 17 kota besar di Indonesia yang dapat menikmati aplikasi Koprol termasuk Papua serta 3 kota mancanegara seperti Singapore, Houston dan Indianapolis. Sambutan masyarakat terhadap kemunculan Koprol sangat baik, hal ini dapat dilihat dari pengguna Koprol yang telah mencapai lebih dari 80 ribu pengguna.



6. Flickr
Flickr juga merupakan social media yang populer. Flickr adalah sebuah hosting image atau foto atau gambar dan video hosting serta memiliki komunitas online. Flickr diciptakan pada tahun 2004 dan setahun kemudian diakuisisi oleh Yahoo. Flickr menjadi situs social media yang populer, pengguna dapat mengupload foto mereka dan di share ke seluruh dunia, Flickr menjadi favorit para blogger untuk menyimpan foto mereka sebagai hosting image-image mereka. Saat ini Flickr memiliki lebih dari 51 juta anggota yang terdaftar dan 80 juta pengunjung serta lebih dari 6 miliar foto. Flickr menempati posisi 31 di Alexa Rank.



5. DeviantART
Ini dia situs favorit bagi para pecinta desain grafis, devianart. deviantART merupakan social media berjenis komunitas online yang menampilkan berbagai karya seni, yang sangat populer. deviantart didirikan pada tahun 2000 dan kantor pusatnya berada di Hollywood, AS. deviantart memiliki lebih dari 14,5 juta pengguna dan memiliki lebih dari 100 juta karya yang dikirimkan ke deviantart serta memiliki visitor 3,8 juta per minggu. Setiap karya yang akan di upload akan terorganisir dengan rapi oleh beberapa kategori seperti digital art, seni tradisional, fotografi dll. Kita juga dapat berkomentar pada image yang ditampilkan.




4. MySpace
MySpace merupakan social media yang populer berjenis jaringan sosial. MySpace didirikan tahun 2003 di California, AS. MySpace tersedia dalam 15 bahasa, memiliki 30 juta pengguna dan menempati posisi 150 di Alexa Rank. MySpace pernah menjadi situs paling sering dikunjungi bahkan melewati Google di tahun 2006, namun setelah kemunculan Facebook pengunjung MySpace mulai menurun. Homepage MySpace sangat menarik dengan berita-berita hiburan terkini, terdapat trending topic, dapat terkoneksi dengan facebook serta fitur MySpaceIM.




3. LinkedIn
LinkedIn juga merupakan social media yang populer dengan jenis bisnis dan profesional jaringan. LinkedIn didirikan tahun 2003, memiliki 135 juta pengguna dan menempati posisi 13 di Alexa Rank. LinkedIn merupakan social media untuk membantu penggunanya menemukan pekerjaan, berhubungan dengan mitra bisnis dan lainnya. LinkedIn tidak terlalu fokus pada berbagi foto, video dan yang lainnya, seperti jaringan sosial kebanyakan. Untuk dapat memiliki akun LinkedIn kita hanya perlu mendaftar, membuat halaman profil, memberikan informasi pribadi mengenai pendidikan, pekerjaan. Sebagai tambahan kita dapat menerima dan memberi rekomendasi dari sesama pengguna.



2. Youtube
Youtube adalah social media yang sangat populer dan berjenis video sharing. Pengguna dapat mengupload video kita dan dapat tersebar ke seluruh dunia. Youtube tersedia dalam 54 versi bahasa, menemparti posisi 3 di Alexa Rank. Banyak orang biasa yang menjadi terkenal karena mengunggah video mereka di Youtube. Youtube kompatibel diputar di smartphone menggunakan RTSP streaming video. Slogan Youtube adalah Broadcast Yourself.



1. Twitter
Twitter adalah social media berjenis jaringan sosial atau microblogging yang populer setelah Facebook. Twitter memiliki lebih dari 300 juta pengguna diseluruh dunia dan menempati posisi 9 di Alexa Rank. Twitter sangat populer di AS, Indonesia, Brazil, Jepang, Venezuela, Belanda. Twitter dapat dikatakan sebagai microblogging, pengguna dapat memposting teks sebanyak 140 karakter, yang disebut “tweets”. Followers adalah orang yang menerima update status dari anda. following adalah kita dapat menerima update status dari orang yang kita follow. Trending topics adalah topik yang sedang ramai dibicarakan banyak orang.



http://afandi41808047.wordpress.com/2011/12/08/enam-jenis-media-sosial/
http://www.unik.ws/2012/12/10-social-media-populer-selain-facebook.html

5 komentar:

  1. Thank Gan infonya, ini yang sedang saya cari-cari
    http://grosirobatjellygmat.com/

    BalasHapus
  2. Informasinya kereeeen :) sangat membantu :)
    Kunjungi juga web kami
    http://pengobatanalamimustajab.com/
    http://apotekherbalkita.com/
    http://grosiracemaxstasik.com/

    BalasHapus
  3. keren sob artikelnya, bermanfaat sekali buat saya :)
    Izin menyimak saja
    s.id/5kb

    BalasHapus
  4. Mantap gan artikelnay sangat memabntu :)
    s.id/5DR

    BalasHapus
  5. Benar-benar sangat bermanfaat deeh artikelnya sob, ditunggu artikel yang lainnya ya :)
    Izin nyimak saja
    http://goo.gl/iaxOaw

    BalasHapus